Panduan Mendapatkan Surat Izin Usaha Pertamini

Surat ijin POM

Mengapa harus punya surat izin usaha pertamini? Singkatnya, agar tidak melanggar ketentuan pemerintah sebab bensin adalah milik pemerintah. Untuk mendapatkan surat izin usaha pertamini, Anda akan melewatkan beberapa tahap untuk bisa sampai ke tahap akhir yaitu Dinas Peridustrian.

Nah Bagaimana Cara Mendapatkan Surat Izin Usaha Pertamini?

Berikut ini langkah-langkah awal sampai akhir pembuatan surat izin usaha pertamini :

Proses yang akan Anda lewati dalam pembuatan sura izin usaha pertamini, yaitu RT, RW, Desa, Kecamatan, Pihak Kepolisian setempat, apabila kelima tempat ini sudah selesai lanjut ke tujuan akhir. Anda juga akan dimintai persetujuan dari pihak SPBU. Di sini, Anda akan diberikan beberapa formulir yang harus Anda isi lengkap.

Jika sudah, berkas yang sudah Anda isi bisa diserahkan ke Dinas Perindustrian demi mendapatkan persetujuan memulai usaha pertamini.

Persetujuan yang diberikan dari Dinas Perindustrian ini biasanya dikeluarkan setelah kurang lebih selama satu minggu. Sampai benar-benar keluar, Anda akan dapat memulai usaha jual pertamini.

Surat izin usaha pertamini sangat memiliki banyak fungsi. Selain usaha pertamini Anda tidak legal. Anda juga diizinkan untuk membeli bensin sebanyak yang Anda inginkan. Petugas SPBU akan melayani Anda tanpa syarat lainnya.

Peraturan ini sudah ditulis dalam peraturan yang sudah disahkan oleh pemerintah yakni tentang larangan menjual BBM ke dalam jarigen dalam jumlah banyak kecuali sudah mengantongi surat izin dari Dinas Perindustrian.

Setelah surat izin usaha pertamini, masuk pada tahap selanjutnya yakni mesin pertamini.

Untuk investasi jangka panjang, sebaiknya jangan memilih mesin pertamini yang abal-abal. Mengapa demikian. Ingat, tujuan Anda adalah menanamkan modal dalam waktu jangka panjang tidak dalam waktu singkat.

Sumber : Hidupmulia.net