Macam-Macam Kerajinan Tradisional yang Ada di Yogyakarta

Yogyakarta merupakan salah satu pusat budaya Jawa menghasilkan berbagai macam hasil seni dan budaya yang sangat indah serta bernilai seni tinggi dan juga memiliki nilai jual yang tinggi pula. Berbagai macam kerajinan bisa ditemui di daerah istimewa antara lain: batik, gerabah, kerajinan perak, kerajinan kulit, dan kerajinan tangan lainnya. Kesemuanya merupakan benda-benda yang bisa didapatkan dan dibeli di Yogyakarta. Berikut macam-macam kerajinan yang ada di Yogyakarta:

  1. Batik

Kerajinan yang pertama adalah batik. Siapa yang tidak kenal dengan batik, kerajinan yang merupakan karya khas Indonesia ini terkenal seantero dunia. Cara pembuatan batik ada tiga yaitu batik tulis, batik cap, dan batik lukis. Sedangkan berdasarkan motifnya terdapat berbagai corak seperti Batik Kraton, Batik Sida Mukti, Batik Cuwiri, Batik Tambal, dan lainnya. Berdasarkan asalnya ada beberapa daerah yang terkenal sebagai produsen bakti seperti Pekalongan, Solo dan Yogyakarta. Di Yogyakarta terdapat sebuah  desa yang khusus memproduksi batik salah satunya adalah  Desa Giriloyo. Desa ini di warganya mayoritas mengisi waktu mereka dengan membuat batik tulis. Dengan coraknya yang unik membuat batik dari Desa Giriloyo menjadi terkenal dan diburu oleh para pecinta batik tulis.

  1. Gerabah

Selain batik, di sebuah kawasan yang bernama Kasongan terdapat sentra pembuatan kerajinan gerabah. Desa ini telah memproduksi gerabah sejak lama bahkan dari masa penjajahan Belanda dan masih lestari hingga saat ini. Benda-benda yang diproduksi juga beraneka macam dari yang sederhana hingga yang rumit. Berbagai macam gerabah bisa ditemui di kawasan ini seperti asbak, vas bunga dengan berbagai ukuran, guci dengan berbagai motif, lampu hias, perabotan meja dan kursi, hiasan dinding, dan lainnya. Barang-barang kerajinan tersebut pun telah diakui dunia dan diekpor ke Eropa dan Amerika.

  1. Perak

Kerajinan selanjutnya yang menjadi daya tarik utama di Yogyakarta adalah kerajinan perak yang berlokasi di Kota Gede. Kota Gede yang menjadi pusat kerajinan perak ini bahkan dijuluki kota perak karena banyak pengrajin perak yang ada di kawasan ini. Di tempat ini mudah dicari bengkel-bengkel pengrajin perak. Toko-toko yang menjual perak pun bertebaran di tempat ini mulai dari skala kecil hingga skala besar. Berbagai macam bentuk kerajinan perak terdapat di tempat ini dari yang sederhana hingga kerajinan yang rumit dan memiliki estetika yang tinggi. Berbagai macam kerajinan di tampilkan mulai dari perhiasan seperti cincin, kalung, gelang hingga bros. Untuk harganya tentu saja tergantung dengan berat dan kadar perak serta kerumitan desainnya.

Demikian penjelasan mengenai kerajinan tradisional yang dihasilkan di Yogyakarta. Masih banyak kerajinan-kerajinan lainnya yang dihasilkan di kawasan ini yang tidak kalah indah dan menarik yang akan kami bahas dilain kesempatan. Semoga artikel ini bisa menjadi tambahan informasi dan juga referensi bagi Anda semua saat ingin membeli barang kerajinan khas Yogyakarta saat pulang berlibur. Untuk wisatawan yang datang dalam jumlah besar bisa sewa bus di Jogja.