Mengunjungi Rijksmuseum di Belanda

Negara Belanda – memang negara yang memiliki banyak sekali museum. Rijks Museum merupakan sebuah museum nasional yang terbesar dan yang paling banyak di kunjungi oleh wisatawan yang berkunjung ke Belanda. Sudah Tercatat kunjungan wisatawan ke Rijksmuseum selalu mengalami peningkatan yang tinggi dari tahun ke tahun nya . Hingga pada tahun 2014 lalu diperkirakan 2.450.000 orang mengunjungi museum ini. Sungguh luar biasa.

Rijksmuseum merupakan museum nasional utama yang terletak di Belanda. Museum ini yang menampilkan sebuah karya seni dan sejarah Belanda mulai dari Abad Pertengahan sampai dengan saat ini. Karya seni ini terkenal di dunia dari Zaman Keemasan Belanda, di antara nya lukisan Night Watch karya Rembrandt van Rijn dan The Milkmaid karya Johannes Vermeer, dapat Anda kagumi di museum Rijksmuseum.

>> Ikuti Program Umroh Plus Eropa <<

Mengunjungi Rijksmuseum di Belanda

Mengunjungi Rijksmuseum di Belanda

pada Usia museum ini sudah lebih dari 2 abad. Termasuk museum yang paling ramai di kunjungi di bandingkan dengan museum-museum lain nya di dunia. Oleh karena itu, jangan heran jika Rijksmuseum adalah salah satu dari 10 museum paling top di seluruh dunia yang banyak sekali di kunjungi oleh wisatawan asing yang datang dari berbagai penjuru dunia. Keberadaan nya sejajar dengan Museum Louvre di Paris, Perancis dan Metropolitan Museum of Arts di New York, Amerika Serikat.
Di buka pada tahun 1800 sebagai Rijksmuseum untuk Kota Amsterdam yang dulu nya terbatas untuk memajang koleksi benda seni dari seniman Belanda saja. Setelah beberapa kali berpindah di tempat, yang pada akhir nya Rijksmuseum berada di tempat yang ada sekarang pada tahun 1808. Bangunan megah ini di desain oleh arsitek Belanda yang bernama Petrus J.H. Cuypers (Pierre Cuypers). Rijksmuseum adalah bangunan dengan arsitektur gaya Belanda-Neo Renaissance dengan elemen-elemen neo-Gothic untuk dekorasi nya.

Ada beragam koleksi – koleksi yang di miliki oleh Rijksmuseum. Koleksi utama nya adalah benda-benda bersejarah dan lukisan-lukisan dari banyak maestro lukis Belanda seperti Rembrandt dan Vincent van Gogh, serta banyak pelukis lain nya baik dari Belanda sendiri maupun pelukis lain dari seluruh dunia. Terdapat pula beberapa benda-benda antik yang bertalian dengan budaya Belanda yang sangat menarik, juga buku-buku tua dan bahan cetak lain nya, hingga beragam koleksi fotografi yang desai nya klasik.

Ada beberapa Karya seni yang harus Anda lihat

Koleksi Rijksmuseum menggambarkan sebuah sejarah dari Belanda sejak Abad Pertengahan sampai dengan saat ini. Museum ini memamerkan karya seni dan sejarah dengan suasana internasional dan menarik untuk di lihat. Di bawah ini adalah beberapa karya seni yang wajib Anda lihat:

  1. Night Watch, yang merupakan sebuah lukisan karya yang paling terkenal di seluruh dunia
  2. Galeri Kehormatan (Gallery of Honour) museum, dimana lukisan-lukisan karya para pelukis besar di tampilkan, termasuk Frans Hals, Jan Steen, Vermeer dan Rembrandt. Bahkan jika Anda hanya memiliki sedikit waktu luang untuk berkunjung, museum ini adalah tempat dimana Anda dapat melihat karya seni terbaik dari Zaman Keemasan, di satu tempat.
  3. Dengan Mempelajari kehidupan Zaman Keemasan, dengan menjelajahi rumah boneka berusia berabad-abad ini, yang tertua berasal dari tahun 1676.
  4. Koleksi tembikar cantik dan indah di lihat dari, mulai dari satu set cangkir minum teh sampai dengan vas bunga.
  5. Cuypersbibliotheek, yang merupakan sebuah perpustakaan sejarah seni terbesar dan tertua di Belanda.Renovasi besar-besaran telah mengembalikan di sebuah tempat ini pada kemegahan asli nya.

Rijksmuseum seharus nya masuk dalam daftar tempat yang harus di kunjungi ketika melancong di Belanda. Museum ini di buka pada setiap hari sepanjang tahun untuk pengunjung mulai jam 9 pagi hingga jam 5 sore. Dengan memiliki Harga tiket masuk untuk harga yang dewasa adalah 17,50 Euro sedangkan untuk anak mulai 18 tahun ke bawah gratis. Tiket dapat dibeli di konter yang tersedia di museum ataupun dapat di beli secara online melalui situs web site nya milik Rijksmuseum.

Mengunjungi Rijksmuseum di Belanda

Mengunjungi Rijksmuseum di Belanda

Untuk Akses ke museum yang sangat terkenal ini sangat mudah. Jadi nya Wajar dong, kan Rijksmuseum adalah salah satu dari 10 museum terbaik di dunia yang sayang untuk di lewatkan jika berkunjung ke belanda. Ada banyak jalur transportasi umum yang dapat di tempuh untuk menuju Rijksmuseum. Jika anda adalah wisatawan yang menginap di Kota Amsterdam, maka dapat memulai perjalanan dari Central Station Amsterdam dengan menggunakan sebuah tram jalur 2 dan 5 lalu turun di Hobbemastraat. Atau jika wisatawan baru jalan-jalan mengeksplorasi Kota Amterdam, maka dapat menaiki tram line 6, 7, atau 10 dan turun di Spiegelgracht.

Jika anda yang akan menggunakan bis umum, maka anda dapat menaiki sebuah bis nomor 145, 170, atau 172 untuk kemudian turun di halte Hobbemastraat. Hanya saja, halte bis lumayan jauh untuk ditempuh dengan jalan kaki menuju ke Rijksmuseum. Tapi sebenarnya tidak apa-apa juga, jalan kaki sambil menikmati suasana Kota Amsterdam dan mungkin mampir sebentar di toko-toko souvenir yang ada. Sementara untuk bis pariwisata biasanya akan parkir di dekat Philips Wings yang ada di sisi kiri Museumplein di Paulus Potterstraat.

Bangunan Rijksmuseum terdiri dari 2 bagian berbentuk bujursangkar yang masing-masing memiliki atrium di bagian tengahnya. Pintu masuk ada di bagian tengah dan pada lantai pertama gedung akan dijumpai Galeri Kehormatan (Gallery of Honour). Ada pula bagian tambahan gedung yang sedikit terpisah yang disebut Philips Wing yang memamerkan sejarah arsitektur Belanda.

Terdapat lebih dari 1 juta objek menjadi koleksi museum ini. Tetapi hanya 8 ribu objek saja yang dipamerkan dalam display kepada pengunjung. Objek-objek ini terdiri dari benda-benda seni, kerajinan, dan benda bersejarah yang berasal dari tahun 1200-an hingga tahun 2000-an.
Selama berada di museum ini, para pengunjung diperbolehkan menggunakan kamera baik untuk rekam video ataupun foto, dengan catatan tidak menggunakan blitz dan tripod.

Tempat ini tidak pernah sepi oleh pengunjung yang ingin sekali bisa melihat keindahan pemandangannya juga peninggalan-peningggalan yang di museumkan di Rijksmuseum volendam belanda.